Internalisasi pendidikan Karakter Siswa Melalui Program Warung Kejujuran Studi Kasus di MIN 16 Magetan
Kata Kunci:
Pendidikan, karakter,jujur,mandiri, tanggung jawab,siswaAbstrak
Pendidikan karakter merupakan unsur penting dalam mewujudkan generasi yang memiliki jati diri. Proses pembentukan karakter dapat dilakukan di lingkungan sekolah sebagai bagian dari pendidikan yang mengarahkan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami internalisasi warung kejujuran dalam membentuk karakter siswa di MIN 16 Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan ata melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 3 hal yakni : pertama, penerapan warung kejujuran sebagai bagian dari langkah pembentukan karakter bagi siswa. Kedua, bentuk karakter yang terinternaliasi dari warung kejujuran yakni jujur, mandiri dan bertanggung jawab. Ketiga, adanya warung kejujuran diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan siswa sehari hari.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Suprih Hartanto (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.