Penguatan Kemahiran Berbicara (Mahaarotu Al-Kalaam) Dengan Memanfaatkan Chatgpt Siswa MTs NU Futuhiyah Donomulyo Malang

Penulis

  • Muhammad Arif Nasruddin universitas Islam Raden Rahmat Malang Penulis

Kata Kunci:

Mahaarotu Al-Kalam, ChatGPT, Bahasa Arab, Pembelajaran Berbasis Teknologi, Pengabdian Masyarakat

Abstrak

Keterampilan berbicara (Mahārah al-Kalām) merupakan salah satu kompetensi utama dalam pembelajaran Bahasa Arab di madrasah, namun dalam praktiknya sering menjadi aspek yang paling sulit dikuasai oleh siswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan berbicara siswa MTs NU Futuhiyah Donomulyo Malang melalui pelatihan berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI), dengan memanfaatkan aplikasi ChatGPT sebagai media pembelajaran interaktif. Metode pelatihan dilaksanakan dalam bentuk sesi praktik intensif selama tiga jam dengan pendekatan Communicative Practice Approach dan strategi Mini Project-Based Learning. Siswa dilatih berinteraksi langsung dengan ChatGPT dalam Bahasa Arab melalui tema-tema komunikatif sederhana, seperti ta‘āruf (perkenalan), al-usrah (keluarga), dan al-madrasah (sekolah). Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada aspek kelancaran berbicara (fluency), ketepatan struktur (accuracy), dan kepercayaan diri (confidence) siswa. Selain itu, motivasi dan keterlibatan belajar meningkat karena ChatGPT memberikan pengalaman berinteraksi yang menyenangkan dan tidak menimbulkan rasa takut melakukan kesalahan. Pelatihan ini juga memperkuat literasi digital siswa serta memperkenalkan model pembelajaran Bahasa Arab yang inovatif, adaptif, dan relevan dengan kebutuhan era teknologi. Dengan demikian, kegiatan ini menjadi model implementatif penguatan Mahārah al-Kalām berbasis AI yang dapat diterapkan dalam konteks pendidikan madrasah.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2025-10-22

Cara Mengutip

Penguatan Kemahiran Berbicara (Mahaarotu Al-Kalaam) Dengan Memanfaatkan Chatgpt Siswa MTs NU Futuhiyah Donomulyo Malang. (2025). ABDI MASYARAKAT, 1(2). https://ejournal.stainu-malang.ac.id/index.php/abdimasstainu/article/view/235