Penguatan Kompetensi Ustadz TPQ Melalui Pelatihan Manajemen Pembelajaran Modern Di Desa Semen Paron Ngawi

Penulis

  • Ahmad Aziz Fuadi Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif Kendal Ngawi Penulis

Kata Kunci:

Ustadz, TPQ, Manajemen, Pembelajaran Modern

Abstrak

Penelitian ini mengkaji upaya penguatan kompetensi ustadz/ustadzah Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) melalui pelatihan manajemen pembelajaran modern di Desa Semen, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi. Rendahnya kualitas pembelajaran di TPQ serta minimnya inovasi metode pengajaran menjadi permasalahan utama yang dihadapi lembaga pendidikan keagamaan di wilayah tersebut. Melalui pendekatan participatory action research, program pelatihan dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan ustadz/ustadzah dalam menerapkan manajemen pembelajaran yang efektif, kreatif, dan sesuai dengan perkembangan zaman. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kompetensi pedagogik dan profesional para pengajar TPQ, tercermin dari kemampuan mereka dalam menyusun rencana pembelajaran, mengembangkan media interaktif, serta mengaplikasikan metode pembelajaran aktif. Program ini juga berhasil menciptakan komunitas belajar yang berkelanjutan antar ustadz/ustadzah di wilayah tersebut, membuka ruang kolaborasi dan berbagi pengalaman dalam peningkatan kualitas pendidikan Al-Qur'an. Implikasi penelitian ini memberikan landasan bagi pengembangan model pelatihan serupa di berbagai daerah untuk memperkuat sistem pendidikan keagamaan non-formal di Indonesia.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-22

Cara Mengutip

Penguatan Kompetensi Ustadz TPQ Melalui Pelatihan Manajemen Pembelajaran Modern Di Desa Semen Paron Ngawi. (2025). ABDI MASYARAKAT, 1(1), 1-10. https://ejournal.stainu-malang.ac.id/index.php/abdimasstainu/article/view/90