PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN BERBASIS PENELITIAN DI MADRASAH ALIYAH AL-HIDAYAH

Authors

  • Endang Pujiharti STAI Nahdlatul Ulama (STAINU) Malang Author
  • Nafiisa Nurshabiikha STAI Nahdlatul Ulama (STAINU) Malang Author

Keywords:

Praktik Pengalaman Lapangan, Manajemen Pendidikan, MA Al-Hidayah, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bentuk implementasi langsung dari teori manajemen pendidikan Islam yang diterapkan oleh mahasiswa STAI Nahdlatul Ulama Malang. Kegiatan ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Al-Hidayah, Donowarih, sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam bidang manajemen pendidikan berbasis realitas institusional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengevaluasi pelaksanaan manajemen di berbagai bidang, antara lain manajemen kurikulum, kesiswaan, sumber daya manusia, keuangan, sarana dan prasarana, serta hubungan masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode pendampingan dan observasi partisipatif. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa manajemen di MA Al-Hidayah telah dilaksanakan secara sistematis dan sesuai dengan teori manajemen pendidikan yang ada, meskipun masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti pengadaan laboratorium dan ruang ekstrakurikuler. Kegiatan PPL ini memberikan manfaat ganda, yakni bagi mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi akademik dan profesional, serta bagi madrasah dalam hal optimalisasi sistem manajemen pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-10-10

How to Cite

PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN BERBASIS PENELITIAN DI MADRASAH ALIYAH AL-HIDAYAH. (2025). ABDI MASYARAKAT, 1(1), 83-103. https://ejournal.stainu-malang.ac.id/index.php/abdimasstainu/article/view/108