PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI BASIS DIGITAL BOOKS PADA MATERI ESTIMASI BIAYA BANGUNAN DI SMK
Kata Kunci:
Project based learning, digital book, estimasi biaya bangunanAbstrak
Partisipasi siswa SMK didorong oleh tujuan pekerjaan dan sebagai respons terhadap kendala pasar serta tantangan pribadi, sehingga diperlukan fleksibilitas dalam pelatihan vokasi. Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan Digital Book, kelayakan produk, dan efektivitas penggunaan buku elektronik interaktif di kelas X DPIB di SMKN 2 Jember. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (R&D), dengan pendekatan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penilaian validasi menunjukkan persentase kelayakan komponen media sebesar 94,67% dan komponen materi sebesar 95,56%, yang dapat dikategorikan sebagai “Sangat Valid”. Hasil uji kelayakan produk pada siswa menunjukkan persentase kelayakan sebesar 99,01%, menunjukkan bahwa Digital Book “Sangat Layak”. Hasil uji analisis pada skor pretest dan post-test menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 36,16 dengan N-Gain 86,71 pada kategori tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa X DPIB SMK lebih baik dalam menerapkan media berupa Digital Book Berbasis Proyek dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sayyid Muhamad Alwi (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.