Model Jerold E. Kamp; Dick & Carey dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Kata Kunci:
Model Jerold E. Kemp, Dick and Carey, Desain Pembelajaran, Pengembangan PembelajaranAbstrak
Artikel ini membahas dua model desain pembelajaran—Jerold E. Kemp serta Dick and Carey—dan implementasinya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Model Kemp menekankan proses desain yang bersifat siklus, fleksibel, serta berorientasi pada karakteristik peserta didik, sehingga setiap langkah dapat direvisi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Model ini menempatkan analisis kebutuhan, karakteristik siswa, tujuan pembelajaran, strategi, metode, evaluasi, serta sumber belajar sebagai komponen yang terintegrasi dalam proses desain.
Sementara itu, model Dick and Carey menawarkan pendekatan sistematis dan terstruktur dengan tahapan mulai dari identifikasi tujuan, analisis pembelajaran, perumusan tujuan performansi, pengembangan instrumen evaluasi, strategi pembelajaran, pengembangan bahan ajar, evaluasi formatif, hingga revisi instruksional. Model ini menekankan hubungan saling ketergantungan antar-komponen dan efektivitas sistem secara keseluruhan.
Kedua model tersebut diimplementasikan dalam konteks PAI untuk meningkatkan minat, pemahaman, dan kompetensi siswa melalui langkah-langkah pembelajaran yang lebih terencana, komprehensif, serta berfokus pada tujuan pembelajaran yang terukur. Hasil kajian menunjukkan bahwa kedua model dapat menjadi rujukan efektif bagi guru PAI dalam merancang pembelajaran yang sistematis, adaptif, dan sesuai kebutuhan peserta didik.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Esa Nur Wahyuni, Yuli Choirul Uma (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.