Musholla Ceria Sebagai Wadah Edukatif Anak Mengenal Al-Quran dengan Bahagia di Musholla Nurul Hikmah  Dusun Lengser, Desa Dharma, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang

المؤلفون

  • Moh Khorofi Institut Agama Islam Nazhatut Thullab المؤلف
  • Moh Muhlis Institut Agama Islam Nazhatut Thullab المؤلف
  • Amirul Choir Institut Agama Islam Nazhatut Thullab المؤلف

الكلمات المفتاحية:

pendidikan، al-qur'an، masyarakat

الملخص

Pendidikan al-Qur’an memegang peranan krusial dalam membentuk karakter dan akhlak peserta didik. Lebih dari sekadar mengajarkan baca tulis, pendidikan ini berfungsi sebagai sarana pembinaan etika, moral, dan kepribadian Islami. Musholla dan masjid, sebagai pusat kegiatan umat, berperan penting sebagai sentra pendidikan dan pembinaan masyarakat. Dalam penelitian ini metode yang digunakan studi Kepustakaan (library research) dengan metode analisis data menggunakan content analisys (analisis isi). Penelitian ini menyoroti konsep "Musholla Ceria" di TPQ Nurul Hikmah sebagai pendekatan inovatif dalam pembelajaran al-Qur’an. Dengan menerapkan empat prinsip utama, yaitu ramah anak, interaktif dan partisipatif, kebersamaan dan kekeluargaan, serta integrasi ibadah dan akhlak, metode ini berhasil menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, menyenangkan, dan bermakna. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa Pembelajaran tidak hanya guru–murid, tetapi juga melibatkan peran orang tua dan masyarakat sekitar sehingga musholla benar-benar menjadi pusat pendidikan berbasis komunitas.

التنزيلات

تنزيل البيانات ليس متاحًا بعد.

منشور

2025-10-22

كيفية الاقتباس

Musholla Ceria Sebagai Wadah Edukatif Anak Mengenal Al-Quran dengan Bahagia di Musholla Nurul Hikmah  Dusun Lengser, Desa Dharma, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang. (2025). ABDI MASYARAKAT, 1(2). https://ejournal.stainu-malang.ac.id/index.php/abdimasstainu/article/view/232