Musholla Ceria Sebagai Wadah Edukatif Anak Mengenal Al-Quran dengan Bahagia di Musholla Nurul Hikmah Dusun Lengser, Desa Dharma, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang
Keywords:
pendidikan, al-qur'an, masyarakatAbstract
Pendidikan al-Qur’an memegang peranan krusial dalam membentuk karakter dan akhlak peserta didik. Lebih dari sekadar mengajarkan baca tulis, pendidikan ini berfungsi sebagai sarana pembinaan etika, moral, dan kepribadian Islami. Musholla dan masjid, sebagai pusat kegiatan umat, berperan penting sebagai sentra pendidikan dan pembinaan masyarakat. Dalam penelitian ini metode yang digunakan studi Kepustakaan (library research) dengan metode analisis data menggunakan content analisys (analisis isi). Penelitian ini menyoroti konsep "Musholla Ceria" di TPQ Nurul Hikmah sebagai pendekatan inovatif dalam pembelajaran al-Qur’an. Dengan menerapkan empat prinsip utama, yaitu ramah anak, interaktif dan partisipatif, kebersamaan dan kekeluargaan, serta integrasi ibadah dan akhlak, metode ini berhasil menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, menyenangkan, dan bermakna. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa Pembelajaran tidak hanya guru–murid, tetapi juga melibatkan peran orang tua dan masyarakat sekitar sehingga musholla benar-benar menjadi pusat pendidikan berbasis komunitas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MOH KHOROFI (Penulis)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.