IMPLEMENTASI PROGRAM MINDFULNESS UNTUK MENINGKATKAN MENTAL WELLBEING SISWA SEKOLAH DASAR DI INDONESIA: SEBUAH TELAAH BERDASARKAN ANALISIS BIBLIOMETRIK 2016-2025
الكلمات المفتاحية:
Mindfulness; Kesejahteraan Mental; Sekolah Dasar; Anak usia dini; Kesehatan Mentalالملخص
Kesejahteraan mental (mental wellbeing) merupakan bagian penting dalam perkembangan anak usia sekolah dasar. Pada usia ini, anak-anak mulai mengalami tekanan dari lingkungan sekolah, tuntutan akademik, serta tantangan sosial dan emosional. Tanpa intervensi yang tepat, kondisi ini dapat memicu stres, kecemasan, dan gangguan emosi lainnya. Salah satu pendekatan yang semakin relevan adalah program mindfulness, yang melatih kesadaran penuh dan penerimaan terhadap pengalaman saat ini secara non-reaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi program mindfulness dalam meningkatkan mental wellbeing siswa sekolah dasar di Indonesia. Metode yang digunakan adalah kajian literatur sistematis dan bibliometrik terhadap 500 artikel yang diterbitkan selama 10 tahun terakhir (2015–2025), dengan bantuan perangkat lunak VOSviewer untuk menganalisis kata kunci, tren riset, dan kolaborasi ilmiah. Hasil analisis menunjukkan bahwa praktik mindfulness dapat meningkatkan self-regulation, konsentrasi, serta menurunkan tingkat kecemasan dan depresi ringan pada anak usia sekolah dasar. Tren penelitian terbaru juga menunjukkan adanya peningkatan minat pada pendekatan berbasis sekolah yang terintegrasi ke dalam kurikulum dan aktivitas pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pengembangan program pelatihan guru dan dukungan kebijakan pendidikan yang memungkinkan integrasi praktik mindfulness sebagai strategi promotif untuk meningkatkan kesejahteraan mental siswa sekolah dasar.
التنزيلات
منشور
إصدار
القسم
الرخصة
الحقوق الفكرية (c) 2025 Avrianieka Saviraputri, Diva Amalia Sri Pujianti, Aisha Shakaa Maulani Putri (Penulis)

هذا العمل مرخص بموجب Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.