IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING (CLIL) DALAM PEMBELAJARAN I’RAB (SYNTACTIC PARSING)
Keywords:
Content Based Instruction, CLIL, Syntactic ParsingAbstract
Penlelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL) dalam pembelajaran i’rab (syntacting parsing). Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Penelitian menyimpulkan bahwa implementasi pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL) dalam pembelajaran i’rab (syntactic parsing) dapat dilaksanakan secara simultan bersamaan dengan strategi belajar memorizing dan repetition dalam pembelajaran. Sejauh pengamatan dilakukan, hal ini juga dipengaruhi oleh faktor-faktor determinan seperti: (1) Faktor penguasaan dan perbendaharaan konsep yang dimiliki oleh peserta didik sebelumnya; (2) Faktor perbendaharaan hafalan Al-Qur’an; dan (3) Pengetahuan tentang konsep pemaknaan pegon kitab kuning.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 EDUKASIANA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.