EKSISTENSI PRAMUKA SEBAGAI SARANA PEMBINAAN WATAK DAN KEMANDIRIAN

Penulis

  • Regita Aulia Herabare Universitas Muhammadiyah Surakarta Penulis
  • Mirzam Arqy Ahmadi Universitas Muhammadiyah Surakarta Penulis
  • Muhammad Ashar Anas Universitas Muhammadiyah Surakarta Penerjemah
  • Farkhan Indy Pangestu Universitas Muhammadiyah Surakarta Penerjemah

Kata Kunci:

Pramuka, pendidikan karakter, generasi Z, generasi Alpha, Indonesia Emas 2045

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis persepsi pelajar, pendidik, dan pembina terhadap kegiatan Pramuka serta kontribusinya dalam membentuk karakter generasi muda menuju Indonesia Emas 2045. Menggunakan pendekatan mix method dengan desain deskriptif-eksploratif, penelitian ini menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari 30 responden siswa anggota Pramuka melalui kuesioner skala Likert 1–5, sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif dan uji korelasi, sedangkan data kualitatif dianalisis dengan model interaktif Miles & Huberman. Hasil menunjukkan persepsi pelajar terhadap Pramuka berada pada kategori cukup positif (skor 2,04–2,29), dengan komitmen keterlibatan di masa depan tertinggi. Namun, indikator pembentukan karakter seperti disiplin dan tanggung jawab memiliki skor terendah (1,50–1,59), menunjukkan kesenjangan antara tujuan karakter dan pelaksanaan kegiatan. Wawancara mengungkapkan siswa lebih antusias pada kegiatan kreatif, sementara guru dan pembina menyoroti perlunya inovasi metode, pemanfaatan teknologi, serta variasi kegiatan yang sesuai karakter generasi Z dan Alpha. Penelitian menyimpulkan Pramuka masih relevan, namun membutuhkan pembaruan model pembinaan, kegiatan berbasis proyek, dan pelatihan pembina agar tetap menarik, efektif, dan berkontribusi pada visi Indonesia Emas 2045.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2025-10-11