IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN PESANTREN BERBASIS MANAJEMEN RISIKO DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI PONDOK PESANTREN SALAF NURUL IMAN KOTA BANDUNG
Kata Kunci:
pengelolaan pesantren, manajemen risiko, kurikulumAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelola-an pesantren dan manajemen risiko dalam pengembangan pondok pesantren di pondok pesantren salaf Nurul Iman Kota Bandung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, dokumentasi dan wawancara yang melibatkan staf guru dan bagian kurikulum pondok pesantren. Hasil penelitian implementasi manajemen kurikulum di Pondok Pesantren Salaf Nurul Iman Kota Bandung berjalan cukup baik dan sistematis, hal tersebut dapat dilihat dari terpenuhinya indikator implementasi manajemen kurikulum yang ada. Kurikulum dipondok pesantren salaf Nurul Iman dirumuskan oleh bagian kurikulum untuk menentukan arah kebijakan pendidikan atau tujuan kurikulum. Struktur kurikulum yang digunakan terdiri dari kurikuler, ko kulikuler dan ekstra kurikuler. Adapun pelaksanaan kurikulum dua tingkat yaitu tingkat sekolah dan tingkat pondok pesantren. Kemudian evaluasi kurikulum yang digunakan adalah evaluasi formatif dan sumatif.