Peran Literasi dalam Mengembangkan Minat Baca dan Meningkatkan Berpikir Kritis
Keywords:
literasi;, minat baca, berpikir kritis, mahasiswa kknAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran program literasi dalam pengembangan minat baca dan kemampuan berpikir kritis siswa di SD Negeri 1 Wonomulyo serta menganalisis kontribusi mahasiswa KKN dalam mendukung keberhasilan program tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan literasi seperti pembiasaan membaca, perpustakaan keliling, dan diskusi mampu meningkatkan minat baca dan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan. Peran aktif mahasiswa KKN dalam menyusun dan melaksanakan kegiatan literasi terbukti efektif menciptakan budaya membaca yang berkelanjutan dan lingkungan belajar yang kondusif. Meski menghadapi hambatan seperti keterbatasan fasilitas dan metode pembelajaran yang monoton, strategi inovatif dan kolaboratif mampu mengatasi kendala tersebut. Hasil ini menegaskan bahwa literasi berperan sentral dalam pengembangan kompetensi dan karakter siswa, serta sebagai fondasi penting dalam membangun kemampuan kritis dan analitis mereka.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arva Naufal Dzulfikar, Imam Ismawan, Indan Fitriani, Sarbini (Penulis)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.