IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN ONLINE DALAM UPAYA EFEKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

Studi Kasus di Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Malang

Penulis

  • Samsul Arifin STAI Nahdlatul Ulama (STAINU) Malang Penulis

Kata Kunci:

Implementasi, Kebijakan Pembelajaran Online, Covid-19

Abstrak

Corona disease yang sedang melanda dunia saat ini termasuk juga Indonesia. Virus corona mempengaruhi dunia pendidikan dimana proses pembelajaran yang biasanya diselenggarakan di dalam kelas secara tatap muka sekarang dialihkan menjadi pembelajaran secara jarak jauh. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan mendukung pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona. Beberapa kebijakan yang dikluarkan oleh pemerintah seperti belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan beribadah di rumah harus dilaksanakan dengan efektif. Efektif atau tidaknya penerapan kebijakan tersebut tergantung pada sumber daya yang ada, baik manusia, sarana prasarana dan sumber daya lainnya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan memanfaatkan teknologi Informasi dan Komunikasi dan Internet.

Penelitian ini diadakan di STAINU Malang dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus yang mana prosedur dalam mengumpulkan data menggunakan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: 1) Wawancara, 2) Observasi, 3) Dokumentasi. Sedangkan analisis data penulis menggunakan: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Verifikasi.

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kebijakan Pembelajaran di masa pandemi covid-19 di STAINU Malang, 2) Mendeskripsikan implementasi kebijakan program pembelajaran online di masa pandemi covid-19 di STAINU Malang, 3)Mendeskripsikan evaluasi kebijakan program pembelajaran online pada masa pandemi covid-19 di STAINU Malang.

Dalam penelitian ini didapatkan Kesimpulan: 1) kebijakan yang dibuat oleh STAINU Malang diantaranya: (a) Melakukan Social Distancing, (b) Kebijakan Pembelajaran Online (c) Memberi Fasilitas yang memadai untuk melaksanakan pembelajaran online. 2) Implementasi Kebijakan Pendidikan dimasa Pandemi covid-19 sudah berjalan dengan sebaik mungkin. Terlihat dari adanya mahasiswa mempunyai fasilitas yang memadi dalam melaksanakan proses perkuliahan, efektivitas pembelajaran berjalan dengan baik, serta pembelajaran secara online bisa mencegah penularan virus corona 3) evaluasi kebijakan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di STAINU Malang melibatkan seluruh stakeholder sehingga semua kendala yang terjadi dilapangan bisa segera teratasi dan juga proses monitoring yang intens oleh Ketua STAINU Malang.Implementasi Kebijakan Pembelajaran Online dalam Upaya Efektivitas Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-16

Cara Mengutip

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN ONLINE DALAM UPAYA EFEKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19: Studi Kasus di Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Malang. (2024). AN NAHDLIYYAH, 1(2), 1-17. https://ejournal.stainu-malang.ac.id/index.php/annahdliyah/article/view/38

Artikel Serupa

1-10 dari 22

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.