EVALUASI HASIL BELAJAR YANG EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH/MADRASAH

Penulis

  • Endang Sih Pujiharti STAI Nahdlatul Ulama (STAINU) Malang Penulis

Kata Kunci:

Evaluasi Hasil Belajar, Mutu Pembelajaran

Abstrak

Setiap lembaga pendidikan selalu berupaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang ada di lembaganya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan evaluasi hasil belajar secara efektif. Kegiatan evaluasi yang efektif berkaitan dengan kapan dan bagaimana kegiatan evaluasi dilakukan, ranah apa saja yang harus diukur dan dinilai, apa alat ukur yang digunakan, serta bagaimana melakukan pengolahan terhadap hasil evaluasi tersebut. Kegiatan evaluasi hasil belajar harus dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dari awal hingga akhir periode pembelajaran. Evaluasi hasil belajar peserta didik juga harus dilakukan secara kontinu selama proses pembelajaran berlangsung. Dalam melakukan evaluasi, berarti guru harus melakukan pengukuran dan penilaian. Oleh karenanya guru harus menyiapkan dan merancang alat ukur yang akurat yang dapat digunakan untuk melakukan pengukuran, selain itu guru harus melaksanakan pengukuran dan penilaian dan menyesuaikan dengan domain yang akan dinilai. Pengolahan hasil penilaian yang dilakukan disesuaikan dengan acuan yang digunakan oleh masing-masing lembaga pendidikan. Begitu pentingnya peranan pengukuran dan penilaian sebagai alat evaluasi, oleh karena itu sudah seharusnya seorang guru harus menerapkan prosedur penilaian yang efektif agar dapat diperoleh hasil yang maksimal.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-09

Cara Mengutip

EVALUASI HASIL BELAJAR YANG EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH/MADRASAH. (2024). AN NAHDLIYYAH, 3(2). https://ejournal.stainu-malang.ac.id/index.php/annahdliyah/article/view/69

Artikel Serupa

1-10 dari 29

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.