PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI KOMPETENSI MANAJERIAL DI MI AL-MA’ARIF 03 LANGLANG SINGOSARI
Kata Kunci:
Kepala Madrasah, Kinerja Guru, Kompetensi ManajerialAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Al-Ma’arif 03 Langlang Singosari, (2) meningkatkan kinerja guru di MI Al-Ma’arif 03 Langlang Singosari, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru melalui kompetensi manajerial.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil temuan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru melalui kompetensi manajerial di MI Al-Ma’arif 03 Langlang Singosari antara lain: (a) melakukan evaluasi terhadap guru, (b) melakukan kegiatan rapat, (c) mengikutsertakan guru dalam pelatihan, workshop, KKG dan webinar. (2) untuk tercapainya kinerja guru yang optimal maka dibutuhkan beberapa komponen pendukung seperti: (a) metode pembelajaran yang sesuai, (b) penilaian k13. (3) faktor pendukung kepala madrasah MI Al-Ma’arif 03 Langlang Singosari seperti: (a) adanya program unggulan, (b) ekstrakulikuler, (c) adanya peran orang tua dalam proses pembelajaran. adapun faktor penghambatnya yaitu: (a) sarana dan prasarana yang belum memadai, (b) fasilitas elektronik madrasah, (c) penggunaan kuota dalam metode daring.