EVALUASI HASIL BELAJAR YANG EFEKTIF PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI TEKNIK OBSERVASI KELAS

Penulis

  • Mahrus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU) Malang Penulis
  • Lailatul Musaropah STAI Nahdlatul Ulama (STAINU) Malang Penulis

Kata Kunci:

Kinerja Guru, Supervisi, Observasi Kelas

Abstrak

Artikel ini mengkaji tentang meningkatkan kinerja guru melalui supervisi teknik observasi kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang supervisi observasi kelas dapat meningkatkan kinerja guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Al Ma’arif 01 Singosari Malang. Guru merupakan salah satu komponen utama dalam proses pendidikan. Dalam proses pendidikan di sekolah, guru memegang tugas ganda yaitu sebagai pengajar dan pendidik. Sebagai pengajar guru bertugas menuangkan sejumlah bahan pelajaran ke dalam otak anak didik, sedangkan sebagai pendidik guru bertugas membimbing dan membina anak didik agar menjadi manusia susila yang cakap, aktif, kreatif, dan mandiri. Oleh sebab itu, tugas yang berat dari seorang guru ini pada dasarnya hanya dapat dilaksanakan oleh guru yang memiliki kompetensi profesional yang tinggi. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan sekolah atau PTS memiliki peranan yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan kinerja guru. Hasil kajian ini menunjukan bahwa Peningkatan kinerja guru oleh kepala sekolah melalui supervisi observasi kelas menunjukan peningkatan pada tiap-tiap putarannya. Aktivitas guru menunjukan bahwa kegiatan pembinaan melalui supervisi observasi kelas bermanfaat dan dapat membantu meningkatkan kinerja guru, untuk lebih mudah memahami konsep peran dan fungsi guru sehingga kinerja guru dapat meningkat, dengan demikian capaian mutu sekolah dapat ditingkatkan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-09

Cara Mengutip

EVALUASI HASIL BELAJAR YANG EFEKTIF PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI TEKNIK OBSERVASI KELAS. (2024). AN NAHDLIYYAH, 3(2). https://ejournal.stainu-malang.ac.id/index.php/annahdliyah/article/view/70

Artikel Serupa

1-10 dari 19

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.