IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS AL-AMIN BLIMBING – MALANG

Penulis

  • Duki STAI Nahdlatul Ulama (STAINU) Malang Penulis
  • Mufarichah STAI Nahdlatul Ulama (STAINU) Malang Penulis

Kata Kunci:

Supervisi, Supervisi klinis, Kinerja Guru

Abstrak

penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Al-Amin Blimbing Malang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Tahap supervisi klinis di MTs. Al-Amin Blimbing Malang yaitu: (1) Tahap Pertemuan Awal. Terdiri dari:  (a) Menciptakan suasana akrab dan terbuka antara Kepala Madrasah dan guru / pendidik; (b) Mendalami kondisi guru mengenai masalah dan rintangan yang menjadi fokus perhatian oleh guru atau pendidik. (c) Membicarakan rencana pelajaran yang telah dibuat oleh guru yang  mencakup  tujuan,  bahan,  dan  alat  kegiatan belajar-mengajar. (d) Mendiskusikan atau memilih bersama instrumen tersebut termasuk cara penggunaannya yang akan digunakan guru. (2) Tahap Observasi. Terdiri dari: (a) Observasi Perorangan;  (b) Observasi Kelompok. (3) Tahap Pertemuan Balikan. 2) Hasil evaluasi supervisi klinis yang dilaksanakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs. Al-Amin Blimbing Malang Dalam evaluasi Kepala Madrasah akan menghasilkan beberapa penguatan yang akan diberikan kepada guru dengan cara Menugaskan guru untuk mengikut MGMP, pelatihan dan workshop.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-09

Cara Mengutip

IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS AL-AMIN BLIMBING – MALANG. (2024). AN NAHDLIYYAH, 3(2). https://ejournal.stainu-malang.ac.id/index.php/annahdliyah/article/view/73

Artikel Serupa

1-10 dari 13

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.