IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS AL-AMIN BLIMBING – MALANG
Kata Kunci:
Supervisi, Supervisi klinis, Kinerja GuruAbstrak
penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Al-Amin Blimbing Malang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Tahap supervisi klinis di MTs. Al-Amin Blimbing Malang yaitu: (1) Tahap Pertemuan Awal. Terdiri dari: (a) Menciptakan suasana akrab dan terbuka antara Kepala Madrasah dan guru / pendidik; (b) Mendalami kondisi guru mengenai masalah dan rintangan yang menjadi fokus perhatian oleh guru atau pendidik. (c) Membicarakan rencana pelajaran yang telah dibuat oleh guru yang mencakup tujuan, bahan, dan alat kegiatan belajar-mengajar. (d) Mendiskusikan atau memilih bersama instrumen tersebut termasuk cara penggunaannya yang akan digunakan guru. (2) Tahap Observasi. Terdiri dari: (a) Observasi Perorangan; (b) Observasi Kelompok. (3) Tahap Pertemuan Balikan. 2) Hasil evaluasi supervisi klinis yang dilaksanakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs. Al-Amin Blimbing Malang Dalam evaluasi Kepala Madrasah akan menghasilkan beberapa penguatan yang akan diberikan kepada guru dengan cara Menugaskan guru untuk mengikut MGMP, pelatihan dan workshop.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Duki, Mufarichah (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.