IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS AL-AMIN BLIMBING – MALANG

Authors

  • Duki STAI Nahdlatul Ulama (STAINU) Malang Author
  • Mufarichah STAI Nahdlatul Ulama (STAINU) Malang Author

Keywords:

Supervisi, Supervisi klinis, Kinerja Guru

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Al-Amin Blimbing Malang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Tahap supervisi klinis di MTs. Al-Amin Blimbing Malang yaitu: (1) Tahap Pertemuan Awal. Terdiri dari:  (a) Menciptakan suasana akrab dan terbuka antara Kepala Madrasah dan guru / pendidik; (b) Mendalami kondisi guru mengenai masalah dan rintangan yang menjadi fokus perhatian oleh guru atau pendidik. (c) Membicarakan rencana pelajaran yang telah dibuat oleh guru yang  mencakup  tujuan,  bahan,  dan  alat  kegiatan belajar-mengajar. (d) Mendiskusikan atau memilih bersama instrumen tersebut termasuk cara penggunaannya yang akan digunakan guru. (2) Tahap Observasi. Terdiri dari: (a) Observasi Perorangan;  (b) Observasi Kelompok. (3) Tahap Pertemuan Balikan. 2) Hasil evaluasi supervisi klinis yang dilaksanakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs. Al-Amin Blimbing Malang Dalam evaluasi Kepala Madrasah akan menghasilkan beberapa penguatan yang akan diberikan kepada guru dengan cara Menugaskan guru untuk mengikut MGMP, pelatihan dan workshop.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-12-09

How to Cite

IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS AL-AMIN BLIMBING – MALANG. (2024). AN NAHDLIYYAH, 3(2). https://ejournal.stainu-malang.ac.id/index.php/annahdliyah/article/view/73

Similar Articles

1-10 of 13

You may also start an advanced similarity search for this article.