PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI MI ISLAMIYAH BANJARANYAR NGANJUK
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Audio Visual, Motivasi BelajarAbstrak
Media pembelajaran berbasis audio visual merupakan salah satu inovasi dalam dunia pendidikan yang harus dimanfaatkan dengan efektif dan efisien, Fokus pembahasan pada penelitian ini adalah tentang pengelolaan media pembelajaran berbasis audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Islamiyah Banjaranyar Tanjunganom Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan uji keabsahan data berupa triangulasi, diskusi teman sejawat, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan media pembelajaran berbasis audio visual sesuai prosedur pengelolaan yaitu perencanaan, pengadaan, penggunaan dan pemanfaatan, pemeliharaan, dan evaluasi dengan ditemukan beberapa faktor pendukung berupa dukungan yayasan dan komite, antusiasme wali murid, akses internet, daya listrik, support handphone, dan pelindung televisi yang terbuat dari besi. Sedangkan faktor penghambat nya adalah sumber dana yang tidak mencukupi, materi tayangan yang tidak didapatkan di youtube, belum pernah dilaksanakan pelatihan, kerusakan salah satu media, sinyal wifi, listrik yang tidak stabil, dan belum dilaksanakannya evaluasi dengan solusi mencari sumber dana tambahan, pembuatan video pembelajaran, mengadakan pelatihan pemanfaatan, pemasangan jaring dan tirai besi, dan penjadwalan penggunaan. Hasil dari pengelolaan tersebut adalah dapat memperjelas penyajian informasi, meningkatkan perhatian anak sehingga menimbulkan motivasi belajar, meningkatnya prestasi akademik dan non akademik, dan kemudahan dalam perawatan.