STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI SMP ISLAM MUQORROBIN SINGOSARI MALANG
Kata Kunci:
Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Jasa PendidikanAbstrak
Begitu banyaknya lembaga pendidikan yang ada di masyarakat saat ini, menyebabkan persaingan di bidang pendidikan juga semakin ketat. Oleh karena itu setiap lembaga pendidikan harus memiliki strategi pemasaran tertentu agar mampu menghadapi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi bauran pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat di SMP Islam Muqorrobin Singosari Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa SMP Islam Muqorrobin mengimplentasikan bauran pemasaran 7P yaitu melalui keunggulan dan keunikan produk yang ditawarkan, strategi penentuan harga agar dapat memberi kepuasan kepada masyarakat pengguna jasa pendidikan, lokasinya yang strategis dan nyaman, kegiatan promosi yang dilakukan, kompetensi sumber daya manusianya, bukti fisik yang memadai, serta proses pembelajaran yang dilakukan.