ANALISIS MINAT NASABAH PADA PRODUK SIMPANAN BERJANGKA / DEPOSITO MUDHARABAH DI BMT UGT SIDOGIRI CAPEM KARANGPLOSO MALANG
Keywords:
Minat, Deposito, Mudharabah, strategiAbstract
Meningkatnya perkembangan koperasi syariah di Indonesia yang cukup signifikan menunjukkan kepercayaan dan minat masyarakat sangat tinggi dengan keberadaan lembaga keuangan syariah. Salah satu lembaga keuangan syariah tersebut adalah baitul mal wa tamwil. Penghimpunan dana oleh BMT diperoleh melalui simpanan salah satunya produk simpanannya adalah mudharabah. Nasabah dalam memilih dan menggunakan produk lembaga keuangan akan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu tingkat bagi hasil yang tinggi dan transparan, pelayanan yang ramah, aman karena terhindar dari riba dan lainnya.
Berdasarkan hal tersebut diatas maka focus penelitian ini adalah tentang faktor yang mempengaruhi minat nasabah pasar sayur karangploso pada produk deposito mudharabah dan strategi yang digunakan BMT UGT Sidogiri dalam meningkatkan minat Nasabah pada Produk simpanan berjangka dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian di BMT UGT Sidogiri caoem Karangploso Malang adalah bahwa faktor yang mempengaruhi minat nasabah pasar sayur karangploso pada produk deposito mudharabah yaitu faktor reigius, keberkahan karena terhindar dari riba, pendapatan yang diperoleh mendorong nasabah untuk melakukan investasi, pengetahuan produk atau informasi yang diberikan jelas dan menarik, bagi hasil yang halal dan transparan, dan lokasi yang strategis. Sedangkan hasil dari strategi yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri capem Karangploso Malang dalam meningkatkan minat Nasabah pada produk deposito mudharabah adalah dengan sebar brosur, blunding produk, menyampaikan produk secara langsung kepada nasabah yang nabung setiap hari.
Dari hasil diatas diketahui bahwa analisi minat nasabah pada produk deposito mudharabah perlu dikaji. Pengetahuan produk simpanan berjangka yang kurang dipahami oleh nasabah, inovasi produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah menjadi penentu meningkatnya minat nasabah dalam menggunakan produk di BMT UGT Sidogiri.