KEPEMIMPINAN KIAI DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MASYARAKAT BERBASIS PESANTREN
Studi Kasus di Pesantren Rakyat Al Amin Sumberpucung Malang
Kata Kunci:
Kepemimpinan Kiai, Pemberdayaan usaha MasyarakatAbstrak
Kepemimpinan seseorang tercermin pada karakteristik peran pemimpin dalam mengembangkan dan membangun langkah-langkah strategis dalam mencapai visi dan misi. Pembahasan dari berbagai temuan penelitian yang telah peneliti uraikan di atas baik tentang peran yang dilakukan oleh Kiai Abdullah Syam terutama sebagai agent of change dalam pemberdayaan usaha masyarakat, bentuk strategi yang ditempuh Kiai Abdullah Syam dalam pemberdayaan usaha masyarakat melalui tahapan dan berbagai pendekatan yang ditempuh untuk mencapai hasil sesuai rencana, agar benar-benar terjadi perubahan masyarakat menjadi lebih baik dan masyarakat yang berdaya serta mampu mandiri, membuktikan bahwa Kiai Abdullah Syam adalah sosok pemimpin transformatif atau dengan kata lain model kepemimpinan yang beliau terapkan adalah model kepemimpinan transformasional.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan tentang :1) Peran kiai dalam pemberdayaan usaha masyarakat, 2) Strategi kiai dalam pemberdayaan usaha masyarakat, dan 3) Pola komunikasi kiai dalam pemberdayaan usaha masyarakat di Pesantren Rakyat Al Amin Sumberpucung Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan; 1) Peran kiai dalam pemberdayaan usaha masyarakat meliputi a)Peran kiai sebagai pendiri dan pengasuh,b)Peran kiai sebagai agent of change dalam melakukan perubahan adalah a) melakukan perubahan mindset, b) peningkatan SDM melalui berbagai pelatihan untuk merubah masyarakat yang memiliki pola pikir.2) Strategi kiai dalam pemberdayaan usaha masyarakat menggunakan People Movement Strategy dan Empowering people Strategy, 3) Pola komunikasi kiai dalam pemberdayaan usaha masyarakat berbasis pesantren di pesantren rakyat Al Amin Sumberpucung Malang menggunakan Tujuh pilar strategi komunikasi (Seven Pillars of Communication Strategy) berbasis surat Alfatihah. Berdasarkan hasil tersebut temuan formal penelitian ini adalah Kepemimpinan Kiai dalam Pemberdayaan Usaha Masyarakat by People Movement Strategy and Empowering People Strategy Based Al Fatihah Communication.