PRAKTEK PERIKLANAN DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM DI RADIO GEMA SURYA

Authors

  • Sholihatin Khofsah STAI Nahdlatul Ulama (STAINU) Malang Author

Keywords:

Periklanan, Bauran Promosi, Etika Binis Islam

Abstract

Media promosi yang menempati posisi signifikan adalah iklan.  baik melalui media cetak maupun elektronik. Dewasa ini, terutama di kota-kota besar, kegiatan periklanan sangat lekat dalam kehidupan masyarakat. Dalam satu hari, masyarakat kota selalu berhadapan dengan iklan. Dalam manifestasinnya yang sangat beragam. Iklan muncul di billboard di sepanjang jalan, di spanduk-spanduk, bahkan di pohon-pohon sepanjang jalan. Belum lagi ketika iklan menggunakkan jasa media massa seperti, koran, radio, dan ataupun televisi. Melihat keadaan praktek periklanan, tentu sangat perlu untuk segera diluruskan. Inilah yang menyebabkan praktek periklanan dalam ekonomi Islam. Terutama yang perlu dipelajari yaitu Etika periklanan dalam prespektif Ekonomi Islam, pengaruhnya terhadap praktek periklanan. Radio Gema Surya telah megontrak agar pesan pada iklan yang diudarakan tidak memiliki tafsiran yang negatif. Seperti iklan Maduceng yang pada penyampaiannya dirubah dengan suara penyiar yang demikian itu diperbolehkan karena bahasa harus disusun hingga penerima pesan memiliki tafsri. Batasan-batasan Radio Gema Surya dalam pembuatan iklan agar tidak menimbulkan sesuatu yang negatif dan sesuai dengan karakter Radio Gema Surya yang mengudarakan siar Islam. Kata periklanan sesuai dengan konsep Etika Bisnis Islam dalam prespektif Ekonomi Islam, yaitu pertama, dengan menggugah yaitu dalam pembuatan iklan Radio Gema Surya melihat kebutuhan konsumen dengan memberi batasan durasi dalam pembuatan iklan. Kedua menggunakan kata-kata yang jelas juga bahasa yang komunikatif sehingga dapat ditangkap oleh pendengar. Ketiga, persuasif dalam artian konten iklan yang disajikan oleh Radio Gema Surya menarik san membuat pendengar nyaman untuk menyimaknya. Keempat, pembuatan iklan yang terdapat di Radio Gema Surya memenuhi batasan atau aturan-aturan dalam bahasa iklan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-10-06

How to Cite

PRAKTEK PERIKLANAN DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM DI RADIO GEMA SURYA. (2024). AL-MANSYUR, 1(1). https://ejournal.stainu-malang.ac.id/index.php/almansyur/article/view/2

Similar Articles

1-10 of 23

You may also start an advanced similarity search for this article.