KINERJA GURU SERTIFIKASI DALAM MENGEMBANGKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF DI MTS MAMBAUL ULUM PAKIS
Keywords:
Kinerja Guru, Sertifikasi, Lingkungan BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kinerja guru sertifikasi dalam mengembangkan lingkungan belajar yang kondusif di MTs Mambaul Ulum Pakis; (2) Faktor pendukung dan penghambat kinerja guru sertifikasi dalam mengembangkan lingkungan belajar yang kondusif di MTs Mambaul Ulum Pakis. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kulaitatif dan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Kinerja guru sertifikasi dalam mengembangkan lingkungan belajar yang kondusif di MTs Mambaul Ulum Pakis diantaranya meliputi : (a) kehadiran guru sertifikasi selalu datang tepat waktu; (b) guru sertifikasi sudah berupaya sebaik mungkin dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik dan pengajar di sekolah; (c) guru sertifikasi membuat perangkat pembelajaran dan menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan sebelum mengajar masih belum maksimal; (d) guru sertifikasi membuat laporan setiap 3 bulan sekali yang berisi berkas-berkas perangkat pembelajaran; dan (e) guru sertifikasi menggunakan berbagai metode pembelajaran yang sesuai dengan materi dan kondisi anak seperti metode inkuiri, praktek, ceramah dan diskusi. (2) Faktor pendukung dan penghambat kinerja guru sertifikasi dalam mengembangkan lingkungan belajar yang kondusif diantaranya sebagai berikut: (a) Faktor Pendukung, meliputi: (1) Lingkungan sekolah yang bersih; (2) Lingkungan kelas yang kondusif; (3) Metode pembelajaran variatif, creamah, diskusi dan inkuiri; (4) Media pembelajaran alat peraga sesuai dengan materi yang disampaikan; dan (5) Fasilitas sarana dan prasarana di sekolah mulai ruang kelas dll; (b) Faktor Penghambat, meliputi: (1) Kenakalan anak seperti terlambat, gaduh di kelas, dll; (2) Kurangnya minat membaca; (3) Kurangnya waktu jam pelajaran; (4) Kurangnya sarana prasarana;dan (5) Kurangnya media pembelajaran